Selasa, 09 April 2013

RPP pendidikan ekonomi

RPP Ekonomi

Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 4 × 40'
Standar Kompetensi : 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif
dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan seharihari
Indikator : 1. Menunjukkan contoh jenis-jenis kebutuhan berdasarkan
bagan yang telah dibuat
2. Menyebutkan alat untuk memenuhi kebutuhan
3. Menunjukkan contoh macam barang sesuai dengan
bagan yang telah dibuat
4. Menyebutkan dua macam cara yang dijalankan oleh
manusia dalam melakukan tindakan ekonomi
5. Mengemukakan contoh tindakan secara rasional yang
dilakukan oleh perseorangan (siswa sendiri), perusahaan,
dan pemerintah
6. Menyebutkan macam motif ekonomi dalam berbagai
aktivitas manusia sehari-hari
7. Menjelaskan perbedaan motif ekonomi dan nonekonomi
beserta contohnya
8. Menunjukkan tindakan ekonomi yang dilakukan oleh
siswa sendiri dan berpedoman prinsip ekonomi
9. Menunjukkan contoh penerapan prinsip ekonomi dalam
kehidupan sehari-hari, baik dalam tindakan ekonomi
maupun tindakan nonekonomi
10. Menjelaskan kaitan antara tindakan, motif, dan prinsip
ekonomi
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat
1. mengidentifikasi tindakan ekonomi;
2. mengidentifikasi motif ekonomi;
3. mengidentifikasi prinsip ekonomi.
B. Materi Pokok
Tindakan, motif, dan prinsip ekonomi
16 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, penugasan
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru memulai kegiatan belajar-mengajar dengan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan tanya jawab, siswa diarahkan untuk dapat menemukan contoh
kebutuhan manusia.
b. Guru menjelaskan alat untuk memenuhi kebutuhan.
c. Siswa diajak berdiskusi untuk menemukan macam barang sesuai dengan
pengelompokannya.
3. Kegiatan Akhir
Guru menutup pembelajaran dengan penugasan. Siswa diminta untuk
mengidentifikasikan barang ataupun jasa ekonomi yang terdapat di sekitar
tempat tinggal. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya!
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Guru mengingatkan materi yang lalu dengan membahas tugas yang telah
dikerjakan.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan tanya jawab, siswa diarahkan untuk menemukan contoh
tindakan ekonomi yang dilakukan manusia.
b. Dengan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasikan ciri dan inti
tindakan ekonomi secara rasional.
c. Siswa berdiskusi tentang tindakan ekonomi yang didorong oleh motif
ekonomi dan contoh-contohnya.
d. Siswa bermain peran untuk memeragakan penerapan prinsip ekonomi,
misalnya dalam kegiatan jual beli.
3. Kegiatan Akhir
Guru menutup pembelajaran dengan penugasan, yaitu siswa diminta untuk
mengerjakan soal yang ada di buku materi sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP 1 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. Buku lain yang relevan
3. Alat peraga barang untuk program jual beli
KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1 17
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian: Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Sebutkan contoh tindakan manusia sebagai makhluk ekonomi!
2. Sebutkan contoh tindakan manusia sebagai makhluk sosial!
3. Apa guna prinsip ekonomi dalam kegiatan ekonomi?
4. Sebutkan contoh motif ekonomi!
5. Jelaskan perbedaan antara motif ekonomi dan nonekonomi!
........................, ...............
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(________________) (________________)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar