Rabu, 16 Januari 2013

Teknologi Informatka

Dampak Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Era Globalisasi

Pada Era Globalisasi seperti sekarang ini, tuntutan akan kemajuan teknologi terutama di bidang informasi dan telekomunikasi sangatlah penting. Hal ini didasari karena kebutuhan akan teknologi sangat mendesak sehingga perlu adanya kemajuan yang signifikan.

Perkembangan teknologi inilah yang telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Begitupun dengan berbagai penemuan baru tentang aneka kemajuan komputer yang seolah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Kemajuan teknologi inilah yang telah kita capai sekarang yang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.


Bagi masyarakat sekarang, teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu kebutuhan. Pengembangan teknologi dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara banyak orang bahkan memuja teknologi karena kecanggihannya. Teknologi diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan berbagai kebutuhan yang lain. Pengaruh teknologi terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidak dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Kalaupun teknologi mampu mengungkap semua rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti teknologi selalu benar.




Dampak positif dan dampak negative dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang. Dari kemajuan ini kita dapat rasakan dampak positifnya antara lain:

a. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru melalui internet

b. Kita dapat berkomunikasi dengan siapaun, kapanpun dan dimanapun melalui hp maupun internet

c. Kita tidak perlu lelah untuk membeli sesuatu karena sudah ada layanan intenet yng menyediakan berbagai kebutuhan hidup kita dan berbagai manfaat lain yang sangat berguna untuk kita.



Disamping keuntungan-keuntungan dapat kita peroleh, ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan oleh segelintir orang yang tak bertanggung jawab untuk hal-hal yang negatif, antara lain:

a. Pemanfaatan jasa informasi dan telekomunikasi oleh jaringan teroris (berbagai media massa)

b. Penggunaan informasi dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan oleh fihak tertentu untuk tujuan tertentu

c. Membuat orang cinderung lupa waktu

d. Memudahkan fihak tertentu dalam melakukan kejahatan di dunia maya ( cyber crime)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar